MENGENAL FACEBOOK

Siapa yang tidak kenal facebook sekarang? Tentunya hanya orang-orang yang jarang berinternetan. Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang kini meraih kesuksesan. Diberitakan beberapa pecan lalu di metro TV bahwa kini pemilik Facebook menjadi orang yang terkaya di dunia di bidang teknologi berkat iklan produk dan lowongan kerja yang membludak di facebook.. Berdasarkan data internal yang dimiliki lembaga Independen pusat operasional Facebook, Palo Alto California, Amerika Serikat menyebutkan dari 235 juta pengguna facebook, masyarakat Indonesia sekitar 813.000 orang online setiap harinya.

Facebook digunakan banyak orang untuk berbagi informasi dengan teman-teman lama ataupun teman yang baru dikenalnya. Salah satu fasilitas yang digunakan adalah chatroom (ruang ngobrol) dan walls atau dinding berbagi ke sesama teman, dimana satu sama lain dapat saling memberi komentar.

Besarnya jumlah pengguna facebook di Indonesia sebenarnya bisa menjadi kebanggaan tersendiri, karena ini memperlihatkan bahwa dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) negara kita sangatlah berkembang pesat dan masyarakat kita telah banyak yang mampu menggunakan salah satu fasilitas internet sebagai media informasi yang sangat mengglobal.

Khusus di Indonesia, berdasarkan pengamatan penulis dari 800 ratusan ribu orang setiap harinya, sebagian besar adalah remaja yang usianya kisaran 14-25 tahun. Sementara 25 tahun ke atas dan 14 tahun ke bawah masih kurang.

Alasan Orang-orang Menggunakan facebook
Membludaknya pengguna facebook tentunya mengisyaratkan adanya kelebihan dari situs jejaring sosial ini. Sebenarnya selama ini telah ada situs jejaring yang mirip dengan facebook, yakni friendster, social url. Namun, facebook telah memikat para pencinta dunia maya dengan dengan fasilitas yang lebih lengkap dari situs jejaring sosial lainnya. Salah satu kelebihannya antara lain adalah fasilitas chat-nya yang tidak dimiliki friendster dan lainnya. Selain itu, untuk menambah teman, pada facebook sangatlah gampang cukup dengan dua tiga kali klik langsung selesai. Kelebihan lain yakni adanya dinding berbagi dan bagi selebritis, terdapat fasilitas special untuk menjaring penggemarnya melalui facebook.

Di kalangan remaja, alasan utama mereka berfacebook adalah mencari teman sebanyak-banyaknya. Adapula masih jomblo memanfaatkan untuk mencari pacar yang sesuai dengan kriteria yang mereka sukai.
Sementara bagi orang tua, khususnya bagi yang udah berkeluarga selain berteman pula, dapat juga digunakan untuk berkomunikasi dengan anaknya yang jauh sambil berinternetan, serta komunikasi dengan teman atau relasi bisnis.Bagi anak-anak dapat dijadikan sebagai media untuk mengenal dunia teknologi komputer dan internet yang kelak akan menggeser media yang lain seperti TV dan surat kabar. Bila anda ingin terkenal, facebook juga bisa dijadikan saran untuk membuat anda terkenal atau populer didunia maya yang pada akhirnya terkenal dudunia nyata.
Sebagian orang pula menggunakan facebook untuk membangun komunitas yang sesuai dengan hobby tertentu. Dan juga sebagai media promosi.

Manfaat facebook
Akhir-akhir ini muncul fatwa MUI yang menyatakan bahwa Facebook itu haram. Dikarenakan dapat memberikan peluang bagi seseorang untuk melakukan perbuatan yang mendekati Zina. Namun, hal berbeda telah diberitakan dalam Koran Fajar 31 mei 2009 dimana Facebook telah memberikan manfaat yang begitu berarti bagi keluarga Grube. Grube adalah salah seorang penduduk Poole, dorset, Inggris yang kehilangan anaknya yang bernama Gavin berumur tiga tahun sekitar 27 tahun lalu.

Melalui Facebook Gavin ditemukan oleh tantenya (saudara perempuan Grube yang bernama Beryl wilson) dan akhirnya keluarga itu pun dalam berkumpul kembali selama perpisahan yang berpuluh-puluh tahun.
Dari kasus tersebut, dapatlah dikatakan bahwa facebook telah memberikan manfaat yang sangat besar. Tidak hanya itu, seseorang yang jarang berkomunikasi dengan teman lama mereka dapat dengan kembali menjalin relasi dengan hanya menuliskan namanya di pojok kanan atas pada fitur facebook.

Dampak Facebook
Penggunaan facebook oleh berbagai kalangan, dari analisis penulis ternyata memberikan ekses yang positif dan juga negatif.
Dampak positfnya antara lain:
1. Melatih berargumen atau mengeluarkan pendapat.
2. Mempernyak relasi atau teman.
3. Memperlancar mengetik bagi yang suka chatting.
4. Cepat memperoleh informasi.
5. Menjalin silaturahmi
6. Dapat mengisi waktu luang
7. Berinteraksi dengan teman yang jauh
8. Belajar bahasa.
9. Menambah wawasan
Dampak negatifnya antara lain:
1. Kecanduan
2. Malas belajar atau membaca buku
3. Membuat orang lama di depan Komputer
4. Menghabiskan pulsa (bagi yang memakai hp)
5. Wadah untuk berselingkuh buat yang sudah berkeluarga
6. Memperlihatkan aurat (bagi yang memasang foto seksi)
7. Merusak mata

2 responses to “MENGENAL FACEBOOK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s